Type something and hit enter

author photo
By On
Sebagai salah seorang pelaku perjuangan dalam bidang produksi dan penjualan es krim, penulis masih tahap sebagai pengusaha es krim pemula. Namun cukup mengetahui benar bisnis kuliner minuman ini dari awal hingga akhir. Dari ujung hingga ke akarnya. Dan pada kesempatan kali ini, penulis mencoba membuka belakang layar seluk beluk bisnis es krim dari prospek usaha, keuntungan, tips sukses hingga modal yang dibutuhkan untuk memulai perjuangan es cream.

Usaha Ice Cream Rumahan
Bisnis produksi dan penjualan es krim merupakan sebuah peluang bisnis yang sangat menjanjikan yang bisa dikerjakan secara rumahan di dalam rumah. Sehingga bisnis ini tidak mengganggu aktifitas acara sehari-hari. Bisa dilakukan secara sampingan maupun pekerjaan utama. Sambil berbisnis ice cream di rumah yang menghasilkan uang tidak mengecewakan besar juga sekaligus sanggup mengurus rumahtangga.

Usaha ice cream relatif tidak membutuhkan karyawan terlalu banyak. Dengan dua orang pegawai, anda sudah bisa menjalankan bisnis ini. Namun saran penulis di awal perjuangan es krim anda bisa menjadi karyawan terlebih dahulu sekaligus sebagai owner dibantu oleh anggota keluarga lain menyerupai isteri atau anak tercinta. Sehingga bisa menekan ongkos pengeluaran honor pegawai.
 Sebagai salah seorang pelaku perjuangan dalam bidang produksi dan penjualan es krim Rincian Biaya Modal Usaha Es Krim dan Keuntungannya

Hal tersebut dilakukan oleh penulis yang membuka perjuangan es krim secara rumahan bersama keluarga di rumah. Bisnis dikelola bersama keluarga tercinta di rumah dari awal proses produksi hingga pemasaran. Untuk pemasaran es krim sendiri sangat gampang terutama sasaran pasar bawah umur sekolah. Karena ice cream disukai sekali oleh kalangan bawah umur sekolah hingga remaja.

Penjualan es krim setiap harinya tidak mengecewakan tinggi. Apalagi di ketika panas terik matahari. Untuk melepas dahaga banyak orang menentukan untuk mengkonsumsi es krim yang lembut dan kaya vitamin dan mineral. Hal ini tak terlepas dari hampir semua orang menyukai es krim. Dan jumlah penggemar es krim di Indonesia sangat besar. Seiring bertambahnya jumlah penduduk yang kian membesar.

Berdasarkan pengalaman penulis di lapangan, tingkat persaingan bisnis es krim sangat tinggi di perkotaan hingga pedesaan. Disebabkan pangsa pasar luas dan potensi keuntungan sangat menggiurkan. Sehingga ada banyak pelaku perjuangan dalam perjuangan es cream baik yang sudah mapan atau pemula. Seperti es krim merek populer misalnya campina, aice, diamond, walls, es krim suntik camelo, dan lain sebagainya.

Walau tingkat persaingan sangat tinggi dalam bisnis es krim, peluang perjuangan ini masih terbuka lebar bagi pelaku perjuangan es krim yang gres atau pemula. Keuntungan bisa diperoleh dengan sangat besar mengingat pangsa pasar bisnis ice cream sangatlah luas. Dari kalangan anak-anak, remaja hingga orang sampaumur dan lansia. Untuk memenangkan persaingan perjuangan ice cream yang ketat sekali sangat mudah. Anda perlu menciptakan produk ice cream yang unik, variasi rasa yang lebih banyak, rasa yang lebih yummy dari pesaing, dan tata cara penyajian es krim yang unik. Hal ini menjadi kelebihan tersendiri dari bisnis es krim yang anda jalani.

Rincian Biaya Modal Usaha Es Krim
Jika anda berminat membuka bisnis es krim yang menguntungkan dari awal hingga siap beroperasi, berikut yaitu modal yang harus dipersiapkan antara lain:

? Lokasi Usaha
Untuk lokasi usaha es krim terutama pusat penjualan diusahakan berada di tempat strategis yang gampang dijangkau dan dilihat oleh banyak orang. Namun menurut pengalaman penulis, lokasi perjuangan tidak begitu penting kalau sistem penjualan dilakukan secara keliling. Tempat produksi es krim bisa dilaksanakan di dalam rumah. Untuk penjualan bisa dilakukan secara keliling atau dititipkan ke sejumlah warung dan toko yang berada di akrab pangsa pasar. Seperti kantin sekolah. Makara bisa dibilang sewa lokasi perjuangan yang strategis tidak begitu diharapkan dalam bisnis es cream keliling.

? Peralatan dan Perlengkapan Usaha Ice Cream
Adapun peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan dalam perjuangan es krim meliputi:

1. Kulkas rak khusus freezer brand SHARP harga Rp 3 juta
2. Termos es 10 unit @ Rp 80.000  harga Rp 800 ribu
3. Mixer satu unit harga Rp 600 ribu
4. Skop ice cream harga Rp 30 ribu
5. Baskom besar 2 buah harga Rp 70 ribu

Total biaya untuk membeli peralatan dan perlengkapan bisnis es krim sebesar Rp 4.500.000,- belum termasuk sendok, piring, mangkok, lap, gelas, dll.

? Bahan Baku
Untuk menciptakan ice cream dibutuhkan materi baku berupa:

1. Serbuk es cream yang bisa anda peroleh di toko atau biro terdekat. Harga serbuk ice cream seberat 10 kilogram dengan banyak sekali variasi rasa menyerupai cokelat, vanila, melon, nangka, pisang, stroberi, anggur, frambozen dan jeruk harga Rp 700 ribu

2. Cup ice cream, sendok es krim dan tutupnya masing-masing sebanyak 1000 buah. Total harga Rp 300 ribu

Makara estimasi total modal biaya untuk membeli materi baku es krim beserta kemasan penyajian dengan produksi 1000 es krim sekitar Rp 1 juta. 

Keuntungan Bisnis Es Krim
Perhitungan keuntungan perjuangan ice cream sangat gampang menurut jumlah penjualan. Jika harga jual es krim dalam satu cup sebesar Rp 3000 maka omset kotor yang diperoleh sebesar Rp 3.000.000 (Rp 3000 x 1000 cup). Dikurangi biaya materi baku sebesar Rp 1 juta maka keuntungan higienis yang didapatkan dalam satu produksi sebesar Rp 2 juta. Bagaimana keuntungan yang tidak mengecewakan bukan?

Cara Meningkatkan Penjualan Es Krim Rumahan
Inilah yang dinanti-nanti oleh seorang pelaku perjuangan bisnis es krim pemula sesudah bisa memproduksi es krim yang yummy dengan harga murah. Bagaimana caranya untuk melejitkan penjualan es krim biar keuntungan tidak mengecewakan besar sanggup diperoleh secara stabil perhari hingga perbulan.

Berikut ini cara melejitkan penjualan es krim menurut pengalaman penulis di lapangan antara lain:

1. Menitipkan ice cream secara konsinyasi di banyak sekali tempat strategis. Seperti warung atau toko akrab sekolah, sekitar pusat keramaian orang, akrab taman, sekitar lapangan olahraga dan tempat strategis lainnya. Semakin banyak warung dan kantin yang anda titipkan es krim secara konsinyasi maka semakin besar pula keuntungan yang bisa didapatkan

2. Merekrut beberapa tenaga penjual keliling yang menyasar ke sasaran market. Anda terlebih dahulu harus mengatakan modal kepada tenaga penjual tersebut berupa box es krim keliling dan produk es krim itu sendiri. Berikanlah prosentase yang menarik bagi karyawan sales freelance dengan bagi hasil 70 : 30.

3. Menjaga kualitas es krim tetap baik dan enak. Kerapkali es krim yang sudah usang berada di box ice krim mencair. Yang menciptakan rasa dan bentuk sedikit berubah. Oleh lantaran itu, anda perlu memastikan biar ice cream tetap beku, mempunyai bentuk dan rasa yang manis dan terstandar walau usang bertahan dalam box atau freezer

4. Harga jual es krim tidak mahal. Karena pangsa pasar utama bisnis es krim yaitu kalangan bawah umur dan remaja yang mempunyai keuangan terbatas. Berikanlah harga yang murah dan lebih murah sedikit dari pesaing

5. Melakukan promosi perjuangan atau iklan perjuangan ice cream secara gencar. Seperti memakai brosur, pamflet, spanduk, reklame, papan iklan, neon box, dll. Dan yang sangat efektif memakai media online. Seperti facebook, google plus, twitter, instagram, line, bbm, blog dan menempatkan kata kunci distibutor atau jual es krim di halaman pertama google dan lain sebagainya.

Pengalaman Bisnis Es Krim Rumahan
Sekedar mengembangkan pengalaman, suatu hari penulis tetapkan untuk membuka bisnis es krim secara rumahan dengan modal kecil. Modal awal ketika itu sebesar Rp 400 ribu untuk membeli paket perjuangan ice cream yang termasuk peralatan dan perlengkapan usaha, sprayer, materi baku serbuk es cream, kemasan, pistol lem tembak dan lemnya.

Setelah berhasil memproduksi es krim ternyata es cream tersebut laku manis disukai para pembeli. Sehingga penjualan mulai meningkat. Untuk mendongkrak penjualan maka penulis menciptakan blog wacana es krim dan mengatakan jual es krim di kawasan sekitar. Dari iklan di blog secara online tersebut menciptakan banyak pesanan dari banyak sekali wilayah terdekat.

Pendek kata, promosi perjuangan es krim di internet sangat efektif, jitu dan ampuh. Apalagi dilakukan tanpa modal apapun untuk biaya promosi. Oleh lantaran itu, untuk meningkatkan penjualan es krim sangat manis dan sempurna dilakukan dengan cara promosi online di internet. Bukan hanya produk es krim yang kita jual tapi juga materi baku es krim, jual paket perjuangan ice cream, menjual peralatan dan perlengkapan bisnis es krim serta membuka perjuangan kursus cara menciptakan ice cream untuk usaha.

Selain promosi perjuangan secara online, anda juga perlu melaksanakan promosi usaha ice cream secara offline. Dengan memasang spanduk, membagikan brosur, pasang pamflet, membagikan kartu nama, pasang papan iklan, reklame dll untuk mengenalkan bisnis es krim yang kita geluti ke lingkungan sekitar dan banyak orang. Cara mempromosikan perjuangan ice cream lainnya dengan cara mengikuti banyak sekali program pameran, bazaar, pasar murah, pasar ahad dan pasar malam untuk mengenalkan es krim buatan anda.

Sumber JASA SITUS WEB BLOG MURAH

Click to comment