Type something and hit enter

author photo
By On
Toko pakan ternak merupakan jenis usaha yang simpel kita temui akhir-akhir ini di banyak sekali sudut kota, tempat dan desa di tanah air. Hal ini tak terlepas dari boomingnya bisnis peternakan ayam, kambing, domba, sapi dan burung. Dan bertambah banyaknya jumlah para peternak. Sehingga ketika ini jumlah toko pakan terus bertambah banyak. Seiring dengan undangan pasar terhadap pakan binatang yang semakin tinggi perhari.

Prospek Usaha Pakan Ternak
Seperti yang penulis lihat ketika ini. Di seberang jalan ada perjuangan toko pakan ternak yang menjual banyak sekali macam pakan mencakup pakan ayam, burung, ikan dll yang laku anggun diserbu para pembeli. Harga pakan yang ditawarkan tidak mengecewakan murah dan kadang sesuai harga pasaran.

Orang yang jeli melihat peluang usaha ini segera memanfaatkannya dengan cara buka toko pakan binatang dan pupuk. Contohnya di desa penulis ada tiga gerai toko pakan masakan burung, ayam dan binatang ternak lainnya. Yang semua toko pakan ternak tersebut laku manis. Bisnis ini cocok dijalankan bersama usaha jualan pupuk. Sehingga keuntungan berlipat ganda.
 Hal ini tak terlepas dari boomingnya bisnis peternakan ayam Rincian Biaya Modal Usaha Pakan Ternak dan Keuntungannya

Seperti penulis sendiri yang berada di pedesaan terpencil beternak ayam kampung dan beternak ikan. Tentu membutuhkan pakan bagi ikan dan ayam kampung tersebut. Tanpa adanya pakan maka binatang yang diternakkan akan mati dan bisnis peternakan mengalami kegagalan total.

Berdasarkan pengamatan penulis, perjuangan peternakan binatang banyak dilakukan di desa sebab lahan masih luas dan pakan hijauan sangat berlimpah. Sehingga setiap penduduk desa biasanya memiliki bisnis peternakan minimal skala kecil hingga besar. Berupa usaha ternak ayam kampung, budidaya ayam bangkok, ternak ayam broiler, perjuangan peternakan kambing, domba, sapi, beternak belut, lele, ikan nila dan jenis ikan lain serta ternak hewan lainnya yang menguntungkan dalam waktu singkat.

Namun di kota juga terdapat beberapa jenis perjuangan peternakan. Seperti ternak ikan, ternak burung love bird, ternak kambing, ternak lele dan jenis ternak hewan lainnya. Akan tetapi tidak sebanyak di pedesaan. Melihat kenyataan itu bahwa banyak orang yang beternak hewan yang menciptakan perjuangan toko pakan ternak sangat menjanjikan untung besar. Permintaan terhadap pakan binatang sangat tinggi.

Usaha Pakan Ternak Rumahan
Untuk memenuhi kebutuhan utama akan pakan binatang ternak tersebut mereka membeli pakan binatang di toko pakan yang simpel dijangkau di lokasi terdekat. Mengapa orang orang di kota terutama di desa banyak memelihara dan ternak binatang menyerupai burung, ayam, sapi, kerbau, ikan, kambing, bebek, entog, domba dll? Ada banyak alasan yang melatarbelakangi. Ada yang sebab hobi maupun kebutuhan utama. Seperti ternak ayam, sapi, domba, burung sangat cerah prospeknya dan untung besar. Sehingga mereka menjalani bisnis ternak ini sebagai perjuangan sampingan maupun utama.

Seiring dengan hal itu menciptakan undangan pakan terus tumbuh besar di masyarakat. Berbagai perusahaan kecil maupun perusahaan besar bisa dan jeli melihat peluang ini yang sangat menjanjikan dengan memproduksi pakan binatang dalam banyak sekali merek dan ukuran dengan harga terjangkau. Dimulai harga Rp 5000.

Contohnya ada sebuah gerai toko pakan ternak di desa penulis yang juga jual pupuk dan obat-obatan laku manis. Karena toko pakan ini memperlihatkan harga pakan yang lebih murah dari pesaing dan menyediakan banyak sekali jenis pakan yang sangat komplit. Pelanggannya dari hari ke hari terus bertambah banyak. Konsumennya bukan hanya berasal dari wilayah sekitar tapi juga mencapai luar kota, luar propinsi hingga luar pulau Jawa. Seperti Kalimantan, Sumatera dan Sulawesi. Hal ini tak terlepas dari sistim penjualan secara offline dan online.

Ada banyak sekali jenis dan macam pakan binatang ternak yang bisa dijual menyerupai jagung, katul, wheat bran, pelet ikan, pakan burung, aneka konsentrat, vitamin hewan, kleci, obat cacing, ampas telo, dan lain-lain.

Jika di kawasan sekitar anda belum ada toko pakan ternak. Atau ada tapi lokasi toko pakan sangat jauh. Dan banyak orang di lingkungan sekitar yang memiliki usaha ternak hewan menyerupai ayam, burung, lele, ikan, domba, sapi dll itu mengambarkan baik bagi prospek perjuangan toko pakan ternak sobat. Dimana itu, tak ada salahnya anda mencoba untuk membuka toko pakan binatang ternak secara rumahan atau menyewa lokasi toko pakan di tempat strategis yang masih belum ada pesaing dan simpel dijangkau.

Kunci Sukses Usaha Pakan Ternak bagi Pemula
1. Semangat. Walaupun latar belakang pendidikan anda bukan dari pertanian, peternakan dan perikanan tapi tetap bisa sukses buka toko pakan yang laku manis. Kuncinya yakni mau terus mencar ilmu dengan penuh semangat dan kerja keras

2. Mendapat pasokan pakan ternak pribadi dari biro pusat walaupun dari banyak sekali daerah. Contoh pakan kleci dipasok dari biro pribadi di kawasan Jakarta dan Lampung. Harga per kg leci sebesar Rp 4000 hingga Rp 7000. Harga yang tidak mengecewakan murah

3. Penjualan pakan ternak bisa partai kecil eceran atau partai besar. Bagi peternak pembelian dilakukan dalam partai besar perkarung atau per sak dengan isi 25 kg

4. Promosi perjuangan pakan ternak dilakukan secara gencar biar menarik banyak konsumen

5. Pelayanan yang diberikan cepat dan ramah serta harga lebih murah dari pesaing. Sehingga konsumen mencicipi kepuasan atas pelayanan yang diberikan. Dan menjadi pelanggan tetap

6. Memberikan harga pakan yang lebih murah dari kompetitor. Hal ini sangat penting mengingat insan makhluk ekonomis. Ia akan selalu menentukan membeli barang jenis sama di tempat yang memperlihatkan harga lebih murah. Oleh karenanya, teman harus secara terencana mengecek harga pakan di pasaran atau di pesaing. Agar teman sanggup mematok menjual pakan tak terlalu mahal dari harga pasaran atau harga di kompetitor.Tapi lebih murah

7. Pastikan kualitas pakan yang dijual berkualitas baik. Pakan ternak tidak kedaluarsa atau berkualitas jelek yang sanggup merugikan konsumen dan toko pakan itu sendiri

8. Promosi gencar. Dengan cara masang pamflet, membagikan brosur, mengadakan hiburan, memasang spanduk, reklame dll. Juga tak boleh lupa, untuk selalu mengikuti pekan raya di kawasan anda, mengikuti bazaar, mengikuti pasar malam dan pasar mingguan dan lain sebagainya

9. Jangan frustasi atau pantang menyerah. Inilah salah satu perilaku yang harus dimiliki jikalau anda ingin sukses dan berhasil dalam perjuangan toko pakan ternak. Pastinya akan banyak hambatan dan rintangan di awal perjuangan toko pakan. Tapi pastikan anda bisa melewati rintangan tersebut dengan perilaku pantang menyerah

10. Usahakan toko pakan ternak buka setiap hari tanpa libur. Hal itu memperlihatkan kelebihan toko pakan anda dari pesaing. Sebab di hari libur menyerupai ahad biasanya penjualan pakan ternak lebih tinggi dari hari biasa.

Salah seorang pengusaha pakan ternak yang sukses dan kaya raya yakni Tri Widodo. Pria yang berusia 35 tahun ini memulai perjuangan toko pakan binatang dengan modal awal sebesar Rp 5 juta. Seiring berjalan waktu, kini penghasilan yang didapatkan dari bisnis toko pakan ternak sekitar Rp 4 juta perhari. Hal itu sebab pelanggannya bukan dari kawasan sekitar tapi hingga ke luar pulau jawa.

Bagaimana anda tertarik membuka perjuangan toko pakan ternak? Pastikan anda memenuhi persyaratan berikut ini, antara lain:

1. Mempunyai modal perjuangan pakan. Biaya modal perjuangan pakan minimal sekitar Rp 5 juta
2. Permintaan pakan ternak tidak mengecewakan tinggi di kawasan anda
3. Belum adanya perjuangan serupa atau toko pakan ternak di wilayah anda. Kalau pun ada lokasi jauh dari kawasan anda
4. Lokasi perjuangan pakan ternak berada di tempat strategis dan simpel dijangkau. Misalkan pinggir jalan yang ramai

Rincian Biaya Modal Usaha Pakan Ternak
Berikut ini rincian modal toko kios pakan ternak dari awal hingga siap berdiri, antara lain:

1. Belanja materi baku awal Rp 4 juta
2. Sewa lokasi perjuangan Rp 500 ribu
3. Biaya telepon dan listrik Rp 100 ribu
4. Gaji karyawan Rp 1 juta
5. Biaya tak terduga lainnya Rp 400 ribu

Maka total modal biaya buka usaha toko pakan ternak sebesar Rp 6 juta. Jika lokasi perjuangan di halaman rumah yang strategis atau secara rumahan maka modal perjuangan sekitar Rp 5,5 juta. Untuk tenaga karyawan sebab sedang merintis bisa saja anda sebagai tenaga karyawan atau melibatkan anggota keluarga untuk mengurangi biaya pengeluaran modal awal perjuangan toko pakan ternak.

Keuntungan Bisnis Pakan Ternak
Diumpamakan dalam satu hari terjadi penjualan eceran pakan atau omset kotor pakan secara eceran sebesar Rp 200 ribu maka dalam satu bulan omset kotor sekitar Rp 6 juta ( 30 kali Rp 200.000). Untuk omset partai besar perbulan sebesar Rp 5 juta. Maka keuntungan kotor yang didapatkan sebesar Rp 11 juta. Laba Rp 11 juta dikurangi biaya perjuangan Rp 6 juta maka keuntungan higienis diperoleh sebesar Rp 5 juta perbulan. Balik modal dalam waktu dua bulan hingga tiga bulan.

Kesimpulannya bahwa untuk sukses dalam jenis perjuangan apapun termasuk bisnis toko pakan ternak sangat simpel dan sederhana. Caranya anda mesti tekun, rajin, sabar, pantang menyerah, terus belajar, terus berusaha, telaten, fokus, dan selalu berdoa maka pastinya perjuangan yang sederhana tersebut akan memperlihatkan pendapatan yang dahsyat.

Sumber JASA SITUS WEB BLOG MURAH

Click to comment