Type something and hit enter

author photo
By On
Suara mangkok yang dipukul oleh sendok mengeluarkan suara yang sudah tidak asing lagi yakni panggilan dari seorang pedagang perjuangan bakso keliling. Anda tentu sudah tahu dengan masakan bakso yang digemari banyak kalangan ini. Ada banyak bakso di tanah air menyerupai bakso bandung, baso solo, bakso malang, bakso sapi, bakso pedas, bakso ayam, baso bakar, bakso kaget, dan jenis bakso lainnya.

Hal yang tidak bisa dilepaskan dari masakan bakso yaitu rasanya yang enak, gurih, kenyal dan nikmat dengan tekstur lembut. Siapapun niscaya ngiler untuk menikmati seporsi bakso. Seperti penulis. Harga bakso per porsi yang murah meriah menciptakan masakan ini bisa dinikmati banyak orang dari kalangan bawah umur hingga orang dewasa. Untuk mendapatkan bakso dikala ini sangat gampang. Gerai perjuangan bakso tersebar dimana-mana baik dalam bentuk gerobak keliling, konsep warung bakso yang mangkal, waralaba bakso kelas restoran dan konsep kios bakso.

Pendek kata, setiap insan pastinya membutuhkan suatu perjuangan yang bisa membiayai kebutuhan hidup diri dan keluarganya. Ada banyak cara yang bisa ditempuh. Misalkan menjadi karyawan negeri dan swasta di sebuah perusahaan atau lembaga. Dan yang lebih menjanjikan yaitu membuka suatu bisnis dan usaha. Salah satunya yaitu usaha warung bakso.
 Suara mangkok yang dipukul oleh sendok mengeluarkan suara yang sudah tidak asing lagi yak Rincian Biaya Modal Usaha Warung Bakso untuk Pemula


Keuntungan dan Omset Usaha Jualan Warung Bakso
Ada anggapan perjuangan bakso yaitu jenis perjuangan yang sepele yang keuntungan tak menjanjikan. Itu salah besar. Berdasarkan pengalaman penulis, bisnis warung bakso di tanah air sangat menjanjikan untung besar. Hal ini dibuktikan dengan banyak waralaba bakso menyerupai bakso kaget. Keuntungan perbulan bisa mencapai ratusan juta rupiah. Karena pangsa pasar bakso yang sangat luas. Bisnis yang tak mengenal musim. Setiap hari laku manis. Apalagi dikala hari raya lebaran idul fithri, perjuangan warung bakso laku elok diserbu para pembeli.

Sebelum memulai perjuangan warung bakso tentu kita harus melihat potensi keuntungannya. Untuk berjualan bakso sangat simpel baik keliling memakai gerobak atau sepeda motor maupun kios atau mangkal. Para pembeli akan tiba sendirinya sehabis mengetahui bisnis anda dalam berjualan bakso memakai gerobak unik menarik. Sebab masakan bakso digemari semua orang. Pastikan lokasi perjuangan berada di tempat yang ramai. Menjual bakso sebanyak 70 porsi mangkok perhari akan sangat simpel dilakukan.

Dalam satu porsi bakso biasanya keuntungan higienis yang bisa didapatkan perjuangan warung bakso sebesar Rp 3000. Jika dalam satu hari teman bisa menjual 70 porsi bakso maka keuntungan higienis yang bisa diperoleh sebesar Rp 210.000 perhari (70 porsi x Rp 3000) atau Rp. 6.300.000 per bulan (Rp 210.000 x 30 hari). Keuntungan yang sangat menjanjikan. Belum lagi ditambah dari penjualan minuman dan kerupuk.

Pendek kata, penghasilan higienis perbulan sebesar Rp 6.300.000 dari hasil menjual 70 porsi mangkok bakso perhari. Bagaimana kalau lebih dari itu? Tentu penghasilan lebih besar lagi. Menjual bakso di atas 70 porsi hingga 100 porsi mangkok lebih per hari sangat simpel dilakukan. Sebab bakso disukai banyak orang. Tinggal mencari tempat keramaian orang dijamin perjuangan bakso akan laku elok dan bisa menjual 100 porsi bakso lebih. Kalau dalam sehari bisa menjual 100 porsi mangkok bakso maka keuntungan higienis yang diperoleh sebesar Rp 9.000.000 perbulan (Rp 300.000 x 30 hari).

Usaha warung bakso alasannya yaitu bermodal besar maka tak bisa lepas dari target. Misalkan penjualan 100 porsi baso perhari supaya keuntungan tidak mengecewakan didapatkan. Hal ini menciptakan tak aneh jikalau banyak para pengusaha bakso yang sukses sanggup menunaikan ibadah haji berkali kali, mempunyai kendaraan beroda empat dan beberapa kendaraan beroda empat mewah.

Ada banyak keuntungan dan kelebihan dari perjuangan warung bakso ketimbang dagang bakso keliling memakai gerobak. Salah satunya teman tidak perlu capek mendorong gerobak dan mencari konsumen ke banyak sekali wilayah. Dengan memakai konsep perjuangan warung bakso maka para pembeli akan tiba dengan sendirinya dalam jumlah banyak sesuai dengan tingkat keramaian di tempat tersebut.

Rincian Biaya Modal Usaha Warung Bakso untuk Pemula
Mengingat besarnya potensi keuntungan perjuangan warung bakso menciptakan kita tergiur untuk membuka warung bakso di tempat kita yang strategis. Namun namanya juga perjuangan niscaya memerlukan biaya modal usaha awal untuk mendirikannya. Berikut ini rincian biaya modal perjuangan warung bakso bagi pemula, antara lain:

1. Gerobak/Booth
Tampilan gerobak bakso hendaknya menarik dan unik yang bisa menciptakan minat beli masyarakat terhadap perjuangan warung bakso yang kita jajakan. Anda bisa menciptakan sendiri gerobak bakso atau membelinya dari pengrajin gerobak dengan harga Rp 2 juta.

2. Peralatan dan Perlengkapan Bakso
Adapun perlengkapan dan peralatan perjuangan warung bakso meliputi gelas, mangkok, sendok, tenda, garpu, kompor gas, gas elpiji 3 kilogram, alat masak, meja, kursi, terpal, dan lain sebagainya. Biaya untuk membeli peralatan dan perlengkapan bakso sekitar Rp 3 juta.

3. Bahan Baku
Sementara itu, materi baku pembuatan bakso meliputi daging sapi, mie, bihun, seledari, garam, masako, saus, kecap, cabe merah, bawang putih, bawang merah dan bumbu lainnya. Harga sekitar Rp 2 juta.

4. Sewa Tempat
Untuk menyewa tempat perjuangan warung bakso bisa dilakukan perbulan atau pertahun dan pastikan berada di tempat strategis yang banyak dilalui orang, pinggir jalan raya, bersahabat pasar, depan toko yang ramai, bersahabat sentra keramaian orang, sekitar minimarket atau sentra perbelanjaan, dll. Untuk harga sewa perbulan sekitar Rp 400 ribu. Dan harga sewa pertahun sekitar Rp 4 juta untuk di tempat pedesaan. Untuk tempat kota harga sewa tempat yang strategis lebih mahal dari itu.

5. Promosi
Untuk mengenalkan perjuangan warung bakso kepada masyarakat luas kita bisa berbagi brosur, memasang spanduk, memasang banner, dll. Biaya untuk promosi warung bakso sekitar Rp 600 ribu. 

Kaprikornus estimasi total biaya yang mesti dikeluarkan untuk membuka perjuangan warung bakso dari awal hingga siap beroperasi sebesar Rp 8.000.000. Biaya modal perjuangan warung bakso ini akan berkurang jikalau anda tidak menyewa tempat lokasi perjuangan warung bakso. Namun jikalau halaman rumah atau anda mempunyai lahan yang berada di tempat strategis yang banyak dilalui orang maka anda bisa membuka warung bakso secara rumahan tanpa sewa tempat.

Kunci Sukses Usaha Warung Bakso Laris Manis
Karena sudah mengeluarkan biaya yang sangat besar maka perjuangan warung bakso harus berjalan sukses dan menguntungkan. Berikut ini kumpulan tips hal-hal yang perlu dilakukan supaya perjuangan warung bakso laku elok dan sukses, antara lain:

? Kerja Keras
Dalam setiap perjuangan diharapkan kerja keras, fokus, dan terus berjuang keras hingga berhasil secara total alias tidak setengah-setengah. Segala daya dan upaya dilakukan supaya bisnis warung bakso berhasil dan bisa membukukan keuntungan tinggi. Dengan kerja keras maka secara perlahan hasil baik akan diperoleh. Berikan kerja keras yang terbaik bagi perjuangan warung bakso maka hasil paling baik akan anda peroleh. Sebagaimana sebuah kalimat bijak menyampaikan bahwa anda akan mendapatkan sesuai apa yang anda tanam.

? Rasa Bakso yang Enak
Kakek penulis merupakan salah seorang pedagang bakso keliling di tempat Bandung yang mengetahui seluk beluk cara pembuatan bakso yang enak dan lezat. Sehingga bakso yang ia jajakan berkualitas baik, segar dan mempunyai rasa yang enak dan enak serta gurih. Bahkan bisa dibilang lebih enak dari jenis bakso kompetitor.

Dengan menawarkan rasa bakso yang enak dan enak kepada konsumen maka mereka akan ketagihan. Dan pada hari berikutnya mereka kembali membeli atau repeat order dan menjadi pelanggan setia. Sebaliknya jikalau bakso yang kita jajakan mempunyai rasa yang tak enak maka konsumen akan kapok membeli lagi bakso ke tempat anda. Oleh karenanya, pastikan rasa bakso enak dan enak serta menarik yang bisa melebihi rasa bakso buatan pesaing di sekitar.

? Desain Tempat Jualan Warung Bakso
Namanya juga usaha. Kita harus bisa memancing prospek supaya mau membeli bakso dari warung bakso kita. Caranya yaitu menciptakan desain warung bakso yang sangat menarik dan unik yang bisa menciptakan ingin tau banyak orang untuk membeli bakso dari anda. Selain itu, pastikan warung bakso dalam keadaan rapi dan higienis selalu yang menciptakan konsumen merasa nyaman dan betah berlama-lama di dalamnya. Selanjutnya, berikan nama atau merk yang unik dan menarik terhadap warung bakso.

? Promosi
Salah satu hal yang sangat penting untuk kesuksesan perjuangan warung bakso yaitu promosi. Proses promosi sebuah cara untuk menarik sebanyak mungkin pembeli yang kelak menjadi pelanggan. Ada banyak alat promosi menyerupai brosur, spanduk, reklame, banner, neon box, iklan di surat kabar dll. Anda bisa pula melaksanakan promosi perjuangan warung bakso secara online memakai media umum facebook, bbm, twitter, line, whatsapp, dan lain-lain.

Biaya promosi secara offline terbilang tidak mengecewakan mahal. Tapi keuntungan yang didapatkan sesuai dengan modal yang dikeluarkan. Ada cara murah dan gratis dalam promosi yaitu memakai media internet menyerupai facebook, twitter, instagram dll. Lalu cara promosi yang efektif dan jitu bisa dilakukan dengan menawarkan diskon besar-besaran, hadiah menarik, jadwal menarik menyerupai makan bakso gratis bagi yang hamil dan ulangtahun dll.

? Harga Bakso
Bagi sebagian orang yang mempunyai uang yang mencukupi problem harga bukan hal penting. Yang penting rasa bakso enak dan lezat. Akan tetapi menurut kenyataan dikala ini, lebih banyak didominasi penduduk Indonesia berada dalam kalangan menengah ke bawah dan insan termasuk makhluk hemat sehingga problem harga sangat sensitif. Sedikit mahal harga semangkuk bakso maka warung bakso itu akan ditinggalkan oleh para konsumennya. Para konsumen hanya membeli satu kali dan selanjutnya kapok membeli.

Hal di atas sudah dialami banyak pengusaha bakso yang bangkrut dalam waktu singkat. Karena konsumen menentukan membeli bakso per porsi dengan harga yang masuk akal sesuai pasaran dan kalau bisa lebih murah dari yang lain tanpa meninggalkan kualitas dan rasa. Usaha warung bakso konsep inilah yang akan senantiasa laku elok di masyarakat.

Misalkan harga satu porsi bakso di warung bakso pesaing sebesar Rp 10 ribu maka anda bisa menjual bakso dengan harga Rp 9000 per porsi. Apalagi penikmat masakan bakso tidak semuanya berasal dari kalangan kaya raya. Tapi lebih banyak didominasi berasal dari kalangan menengah ke bawah menyerupai pelajar, mahasiswa, ibu rumahtangga, karyawan, dll yang mempunyai keuangan terbatas.

Sumber JASA SITUS WEB BLOG MURAH

Click to comment