Type something and hit enter

author photo
By On
Ada banyak sekali macam peluang usaha yang mempunyai prospek cerah dan menjanjikan di tanah air. Seperti perjuangan berjualan mie ayam, usaha jualan bakso, dan lain sebagainya. Namun di antara jenis bisnis tersebut salah satu yang paling menjanjikan dan terbukti laku bagus ialah perjuangan jualan mie ayam. Hal ini bukan rekayasa atau bualan. Tapi atas pengalaman para pedagang mie ayam yang setiap hari jualan mie ayam selalu habis.

Analisa Usaha Mie Ayam
Pangsa pasar mie ayam sangatlah besar. Setiap orang dipastikan menyukai masakan mie ayam yang mempunyai rasa enak dan lezat. Penulis beberapa kali merasakan mie ayam. Yang menciptakan ketagihan. Bisnis jualan mie ayam berbeda dengan perjuangan berjualan bakso. Usaha bakso pernah mengalami beberapa kali masa lesu dan sepi pembeli ketika terjadinya informasi bakso mengandung boraks dan daging babi.

Hal ini berbeda dengan perjuangan berjualan mie ayam yang senantiasa laku bagus dan tak mengalami penurunan omset perbulan. Tak pernah mengalami informasi miring. Sehingga usaha jualan mie ayam lebih menjanjikan ketimbang bisnis bakso. Namun kedua perjuangan tersebut bisa dikombinasikan pada satu gerai perjuangan menyerupai banyak dilakukan para pengusaha bakso dan mie ayam sekaligus pada satu tempat yang sama. Penulis seringkali menemukan fakta bahwa sajian mie ayam lebih cepat habis ketimbang sajian bakso.
 yang mempunyai prospek cerah dan menjanjikan di tanah air Rincian Biaya Modal Usaha Mie Ayam dan Keuntungannya

Ada bermacam-macam jenis sajian mie ayam. Misalkan mie ayam ceker, mie ayam pangsit, mie ayam bakso, mie ayam setan dan lain sebagainya. Seiring dengan perkembangan jaman, sajian mie ayam terus mengalami perubahan yang inovatif. Sekarang sedang terkenal dan animo mie ayam hijau, mie ayam lekker, mie ayam ramen, mie ayam bakar, mie ayam pelangi dll.

Di desa penulis pada satu tempat terdapat lima gerai perjuangan mie ayam konsep kios. Dan semuanya laku manis. Walaupun tingkat persaingan bisnis mie ayam sangat tinggi menyerupai halnya perjuangan berjualan bakso, perjuangan mie ayam tetap menjanjikan untung tinggi bagi seorang pemula. Karena pangsa pasar yang sangat luas. Asalkan anda bisa menciptakan mie ayam bercita rasa enak, unik dan khas lebih enak dari kompetitor.

Melihat potensi perjuangan yang menggiurkan dari bisnis jualan mie ayam bisa saja memacu semangat sahabat untuk buka perjuangan jualan mie ayam secara rumahan atau sewa tempat. Namun dalam memulai perjuangan mie ayam tidak bisa dilakukan secara tergesa-gesa. Diperlukan persiapan matang, seni administrasi menjalankan perjuangan mie ayam yang menguntungkan dan sukses, survey pasar, cara menjaring konsumen dan pelanggan sebanyak-banyaknya dan lain sebagainya.

Konsep Usaha Mie Ayam
Untuk memulai perjuangan mie ayam ada beberapa konsep perjuangan mie ayam yang perlu anda ketahui, antara lain:

? Konsep Gerobak
Salah seorang tetangga penulis berjulukan Mang Gandi membuka perjuangan mie ayam memakai gerobak dorong. Ia berangkat dari rumah jam delapan pagi dan berkeliling dari satu tempat ke tempat lain mengatakan sajian mie ayam. Pada waktu jam empat sore ia pulang ke rumah lantaran jualan mie ayam selalu habis terjual.

? Konsep Restoran
Anda bisa juga membuka perjuangan mie ayam memakai konsep restoran. Tentu saja anda perlu tempat strategis untuk perjuangan mie ayam. Anda bisa menyewa lokasi perjuangan mie ayam di tempat strategis secara bulanan atau tahunan. Namun sebagai pemula hendaknya sahabat menentukan menyewa lokasi perjuangan mie ayam secara bulanan. Jika perjuangan mie ayam memguntungkan di tempat tersebut, anda bisa memperpanjang masa sewa lokasi usaha.

? Konsep Waralaba
Apabila anda tidak mau direpotkan dalam proses menciptakan resep mie ayam yang enak dan administrasi perjuangan maka anda bisa buka perjuangan mie ayam dengan sistem waralaba. Dengan modal investasi mulai Rp 8 juta seseorang sudah bisa mulai perjuangan mie ayam. Fasilitas lengkap mengenai materi baku, resep pembuatan mie ayam, training karyawan, gerobak diberikan secara komplit. Salah satunya waralaba mie ayam ceker cikasungka di Bandung.

Kiat Sukses Membuka Usaha Mie Ayam
Untuk menjalankan perjuangan mie ayam yang mempunyai keuntungan higienis perbulan tidak mengecewakan besar tidaklah mudah. Tentu diharapkan beberapa upaya dan seni administrasi berjualan mie ayam. Berikut ini tips dan kiat memulai perjuangan mie ayam dari awal langsung menguntungkan, antara lain:

? Resep Mie Ayam
Dalam setiap perjuangan kuliner, duduk perkara rasa menduduki peringkat kesatu. Begitupula dalam perjuangan mie ayam. Pastikan anda membuka perjuangan berjualan mie ayam dengan rasa enak dan sesuai selera pasar. Sebuah perjuangan mie ayam tidak akan laku keras kalau resep mie ayam yang disajikan tidak enak atau biasa saja. Sobat harus mempunyai resep sajian mie ayam yang khas dan lebih enak dari kompetitor. Inilah yang menjadi nilai tambah perjuangan mie ayam sahabat yang membedakan dari perjuangan sejenis. Hal ini masuk akal lantaran sebagai konsumen akan lebih menentukan membeli mie ayam yang mempunyai rasa yang enak dan sesuai selera.

? Lokasi usaha
Hal ini sangat menentukan keberlangsungan perjuangan mie ayam. Namun banyak pengusaha mie ayam yang mengabaikan aspek ini. Seperti yang penulis saksikan di tempat Sumedang ada sebuah gerai perjuangan mie ayam yang letaknya berdekatan dengan sangkar ayam. Sehingga banyak orang tak mau membeli mie ayam di tempat tersebut dikarenakan takut mie ayam terkena polusi kotoran ayam.

Kaprikornus seenak apapun sajian mie ayam yang sahabat jual akan percuma kalau lokasi perjuangan tidak tepat. Menu mie ayam yang enak dan lebih enak dari para pesaing harus didukung oleh lokasi perjuangan yang strategis. Misalnya lokasi perjuangan mie ayam sekitar kampus, bersahabat pasar tradisional dan modern, sekitar perumahan padat penduduk, bersahabat sentra keramaian orang dan lain-lain.

Resep mie ayam yang inovatif menyerupai mie ayam banyak sekali rasa dan mie ayam bakar hanya cocok di tempat yang mempunyai nilai eksklusif. Misalkan tempat pertokoan besar dan mall. Untuk perjuangan mie ayam di tempat pedesaan terpencil sangat cocok konsep gerobak mie ayam dengan harga murah. Karena masyarakat desa mempunyai daya beli yang cukup rendah.

? Perluasan Usaha Mie Ayam
Setelah anda membuka perjuangan mie ayam secara menetap atau permanen berupa kios atau warung, untuk meningkatkan omset harian anda bisa merekrut tenaga karyawan belahan penjualan mie ayam secara keliling memakai gerobak atau sepeda motor. Sistem ini sangat efektif untuk menjemput bola. Sebab banyak orang yang malas untuk keluar rumah hanya sekedar membeli satu porsi mie ayam.

Apabila perjuangan mie ayam konsep kios kecil kecilan dan gerobak keliling anda telah berkembang pesat dan mempunyai modal perjuangan yang cukup maka anda bisa memperluas skala perjuangan mie ayam dengan kelas restoran di mall yang menyasar konsumen kelas menengah ke atas.

Namun seiring perkembangan jaman banyak orang ketika ini yang lebih menentukan untuk menikmati masakan mie ayam di tempat unik. Oleh karenanya, lebih baik dan lebih menguntungkan kalau sahabat membuka perjuangan mie ayam bakar atau mie ayam aneka rasa dengan konsep unik dan eksklusif. Misalkan konsep kios mie ayam warung gaul, kios mie ayam konsep kebun, gerai perjuangan mie ayam di tengah pesawahan, dan konsep gerai perjuangan mie ayam secara outdoor lainnya yang lebih disukai orang modern ketika ini. Dimana menyantap mie ayam sambil duduk di bawah pohon besar yang rindang, menikmati mie ayam sambil merasakan angin sepoi alami yang segar dan melihat pemandangan alam yang indah sangat diminati banyak orang ketika ini.

? Promosi
Pastikan anda mempromosikan atau memperkenalkan perjuangan mie ayam sahabat kepada penduduk sekitar. Misalkan membagikan brosur, memasang spanduk, pamflet, reklame, neon box, dan promosi secara online. Sediakan pula jasa pengiriman mie ayam secara gratis ke tempat tertentu dengan jumlah minimal pembelian.

Rincian Biaya Modal Usaha Mie Ayam
Yang menjadi pertanyaan ketika ini ialah berapakah modal usaha yang dibutuhkan untuk membuka perjuangan mie ayam? Berikut ini rincian biaya modal perjuangan mie ayam dan manfaatnya perbulan, antara lain:

? Peralatan Makan
Biaya investasi modal awal yang meliputi peralatan makan meliputi:

1. Sendok satu lusin harga Rp 30.000
2. Sumpit satu lusin Rp 11.000
3. Garpu 1 lusin harga Rp 25.000
4. Tempat sendok Rp 9000
5. Mangkok mie satu lusin Rp 40.000
6. Tempat sambal harga Rp 10000
7. Tempat kecap 1 buah Rp 5000
8. Tempat saos satu buah Rp 5000
9. Mangkuk kuah satu lusin Rp 25.000

Total biaya untuk membeli peralatan makan sebesar Rp 160 ribu

? Peralatan Minum
Untuk belanja peralatan dan perlengkapan minum mencakup:

1. Teko air dua buah harga Rp 20.000
2. Termos es satu unit harga Rp 80.000
3. Gelas ukuran besar 1 lusin Rp 40.000
4. Gelas ukuran kecil harga Rp 10.000
5. Termos untuk air panas Rp 50.000
6. Panci satu buah harga Rp 50.000

Maka total biaya yang dibutuhkan untuk membeli peralatan dan perlengkapan minum sebesar Rp 250 ribu.

? Peralatan Produksi Mie Ayam
Untuk peralatan produksi mie ayam meliputi:

1. Baskom Rp 10.000
2. Blender Rp 200.000
3. Wajan Rp 40.000
4. Panci bumbu Rp 50.000
5. Mesin Mie Rp 1 juta
6. Gelas Ukur Rp 50.000
7. Kompor gas Rp 300.000
8. Regulator Rp 50.000
9. Pisau Rp 10000
10. Talenan Rp 10000
11. Peralatan lainnya Rp 300.000

Total estimasi biaya modal usaha untuk membeli peralatan produksi mie ayam sebesar Rp 2.020.000 

? Gerobak Mie Ayam
Untuk gerobak mie ayam yang modern dan menarik anda bisa membuatnya sendiri atau membeli dari para pedagang mie ayam seharga Rp 1 juta.

Maka total biaya yang diharapkan dalam membuka perjuangan mie ayam dari awal hingga siap bangkit sebesar Rp 3.430.000 (Rp 2.020.000 + 1 juta + Rp 250.000 + Rp 160 ribu). Belum termasuk biaya sewa lokasi usaha, biaya promosi usaha yang meliputi pembuatan spanduk, brosur, reklame dll.

Keuntungan Usaha Mie Ayam per Bulan
Jika satu porsi mie ayam dijual seharga Rp 7000 dan setiap hari terjual minimal 30 porsi mie ayam maka dalam satu hari omset yang diperoleh sebesar Rp 210 ribu (Rp 7000 x 30). Dikalikan satu bulan maka omset perjuangan mie ayam perbulan sekitar Rp 6.300.000 (Rp 210.000 x 30 hari). Setelah dikurangi biaya sewa lokasi usaha, biaya investasi dan biaya operasional maka keuntungan higienis yang didapatkan bisa mencapai Rp 4 juta perbulan. Atau balik modal dalam kurun waktu kurang dari satu tahun.

Sumber JASA SITUS WEB BLOG MURAH

Click to comment