Type something and hit enter

author photo
By On
Di tengah banyaknya jumlah sepeda motor di tanah air dan setiap hari terus bertambah menciptakan peluang bisnis bengkel motor sangat prospektif. Keuntungan dari bisnis bengkel motor tidak mengecewakan menggiurkan. Itu diutarakan beberapa pengusaha bengkel motor yang telah terjun dalam waktu lama. Atas hal ini banyak para pelaku perjuangan kecil dan pemula yang memulai usaha bengkel motor dengan keinginan keuntungan yang diperoleh tidak mengecewakan besar. Seperti perjuangan bengkel motor waralaba maupun mandiri.

Keuntungan Bisnis Bengkel Motor

? Pasar Luas
Pangsa pasar yang sangat luas menciptakan perjuangan bengkel motor masih menjanjikan untuk dijalankan dikala ini. Setiap rumah pastinya mempunyai satu sepeda motor bahkan lebih dari satu. Kendaraan roda dua ini dijadikan sebagai alat transportasi utama yang murah dan anti macet. Ditambah lagi semakin terjangkaunya harga sepeda motor bekas maupun yang gres serta kondisi ekonomi masyarakat yang semakin baik menciptakan jumlah sepeda motor di Indonesia terus tumbuh pesat.

Melihat perkembangan jumlah sepeda motor yang kian menjamur ini maka dikala inilah merupakan waktu yang sempurna bagi anda untuk memanen uang dengan cara membuka perjuangan bengkel sepeda motor. Sebagaimana kita ketahui penggunaaan sepeda motor yang terlalu usang bisa menciptakan sepeda motor mengalami kerusakan baik dalam sparepart atau bab lain dalam kurun waktu tertentu.
 Di tengah banyaknya jumlah sepeda motor di tanah air dan setiap hari terus bertambah memb Keuntungan Bisnis Bengkel Motor dan Bisnis Bengkel Mobil

? Modal Kecil
Modal merupakan hal paling utama untuk mendirikan perjuangan bengkel motor. Namun kebanyakan pelaku perjuangan kecil dan ukm mengeluhkan tidak mempunyai modal uang yang besar untuk buka usaha. Nah untuk membuka perjuangan bengkel sepeda motor terkadang tidak membutuhkan modal yang besar. Dengan modal kecil sobat sudah bisa memulai perjuangan service sepeda motor umum secara rumahan dan sampingan. Setelah perjuangan bengkel berkembang maka sobat bisa mendirikan bengkel resmi yang lebih menjanjikan.

? Usaha Sampingan
Selain membuka perjuangan bengkel sepeda motor yang melayani service atau perbaikan motor, ganti oli dll, sobat bisa menambah dengan jenis perjuangan lainnya yang masih berkaitan. Misalkan usaha tambal ban, usaha jualan gas elpiji 3 kg melon pertamina, jualan bensin eceran pertamini, bisnis basuh steam motor, usaha warung kecil-kecilan, bisnis jualan minuman dingin, perjuangan modifikasi motor, bisnis cutting sticker, penyediaan sparepart motor, dan lain-lain.

? Mudah
Seiring dengan besarnya ceruk pasar dari perjuangan bengkel sepeda motor menciptakan bisnis bengkel sepeda motor menjamur dimana-mana. Hal ini menciptakan kita gampang menjumpai gerai perjuangan perbaikan sepeda motor secara waralaba menyerupai Ahass atau sanggup bangun diatas kaki sendiri di pinggir jalan. Jika anda kesulitan dalam membuka perjuangan bengkel sepeda motor maka anda sanggup mendirikan bengkel motor secara paket waralaba. 

Tips Sukses Bisnis Bengkel Sepeda Motor
Untuk memulai bisnis bengkel sepeda motor dihentikan sembarangan. Namun harus dilakukan kelayakan usaha, perencanaan usaha, taktik promosi bengkel motor dan hal lain yang diperlukan. Ini dilakukan supaya jangan hingga terjadi perjuangan bengkel motor sobat mengalami kerugian atau gulung tikar di pertengahan jalan. Dalam menjalankan bisnis bengkel motor yang menguntungkan diharapkan beberapa taktik dan persiapan khusus.

Untuk lebih jelas, berikut ini beberapa taktik dan tips khusus memulai perjuangan bengkel motor yang menghasilkan untung besar dalam waktu cepat, antara lain:

? Jadikan Hobi
Setiap pekerjaan dan bisnis yang dilakukan sesuai hobi biasanya perjuangan tersebut berjalan lancar dan menguntungkan. Beban pekerjaan terasa ringan dan berbisnis secara menyenangkan. Begitupula dalam bisnis perbaikan motor, sobat harus mempunyai daya passion atau minat yang tinggi terhadap perjuangan ini disertai rasa cinta atau hobi. Dengan demikian perjuangan semakin lancar.

Usaha bengkel sepeda motor dan sparepart akan semakin berpotensi untung besar kalau dilakukan oleh orang yang hobi utak-atik sepeda motor plus mempunyai jiwa wirausaha. Banyak pengalaman pengusaha bengkel sepeda motor yang kaya raya dan sukses bermula dari hobi otomotif yang disalurkan dalam bentuk perjuangan bengkel motor.

? Lokasi Strategis
Anda tidak bisa membuka perjuangan bengkel motor di sembarang tempat. Karena hal ini bisa mengakibatkan perjuangan bengkel motor anda kurang dikenal masyarakat luas. Untuk memastikan perjuangan bengkel motor berjalan lancar dan menguntungkan dengan cara membuka bisnis bengkel sepeda motor di lokasi yang sangat strategis. Seperti berada di dekat kampus, dekat perumahan warga, berada di pinggir jalan yang ramai dilalui oleh kemudian lintas sepeda motor, berada di sekitar sentra keramaian orang, sekitar kantor, pabrik, pasar dll.

Mengenai lokasi usaha, anda bisa menyewa secara bulanan atau pertahun dengan harga yang bervariasi di setiap tempat dan wilayah. Namun kalau sobat mempunyai rumah di pinggir jalan yang ramai maka bisa disulap menjadi tempat perjuangan bengkel sepeda motor. Halaman rumah bisa dijadikan gerai perjuangan bengkel motor secara rumahan. Sehingga biaya sewa lokasi perjuangan bisa dipotong dan memperkecil jumlah nominal modal perjuangan bengkel dan sparepart motor.

? Target Market
Dalam menentukan lokasi perjuangan bengkel motor pastikan terlebih dahulu pangsa pasar yang hendak anda bidik. Misalkan sobat membidik pasar mahasiswa maka anda harus membuka perjuangan bengkel motor di sekitar kampus atau kost-kostan mahasiswa. Jika pasar yang dituju ialah masyarakat biasa maka sobat bisa mendirikan bengkel umum, bengkel tune atau bengkel resmi sepeda motor di dekat perumahan warga di kawasan setempat.

? Melihat Pesaing
Dalam bisnis apapun persaingan niscaya ada. Begitupula dalam perjuangan bengkel motor. Anda akan sangat gampang menjumpai perjuangan bengkel motor di kawasan anda. Dan itu ialah kompetitor. Oleh alasannya ialah itu, sebisa mungkin pilihlah lokasi perjuangan bengkel motor yang masih belum ada pesaing. Misalnya di daerah-daerah terpencil tertentu. Karena dengan tanpa ada tentangan maka perjuangan bengkel sepeda motor anda akan laku bagus dan menguntungkan sekali.

Akan tetapi, apabila anda kesulitan dalam mencari lokasi perjuangan bengkel motor yang tanpa adanya persaingan perjuangan maka sobat bisa membuka perjuangan perbaikan motor di sekitar wilayah yang telah ada kompetitor. Sekarang bagaimana caranya memenangkan persaingan dengan sehat. Tentu saja dengan memperlihatkan pelayanan terbaik kepada para konsumen. Bentuknya bisa banyak sekali macam menyerupai pelayanan yang ramah, murah senyum, bersahabat, tenaga mekanik yang handal, memakai peralatan dan sparepart berkualitas dan lengkap dll.

Setelah mengetahui keuntungan yang sangat besar dari perjuangan bengkel motor dan kiat sukses memulai perjuangan bengkel motor selanjutnya ialah bagaimana  analisa dan keuntungan dari bisnis bengkel mobil.

Keuntungan Bisnis Bengkel Mobil
Perkembangan kendaraan beroda empat dikala ini sangat luar biasa. Setiap tahun terus bertambah mobil-mobil jenis gres dari produsen populer dunia hingga lokal. Selain itu harga kendaraan beroda empat gres yang ditawarkan seperti  Green Car relatif terjangkau oleh masyarakat Indonesia. Sehingga jumlah kendaraan roda empat ini terus bertambah banyak di tanah air. Yang menciptakan banyak sekali jalan raya di protokol kota dan propinsi seringkali macet dikala jam-jam sibuk.

Kendaraan roda empat ini diharapkan sekali untuk mendukung acara sehari-hari manusia. Apalagi gaya hidup moderen masa sekarang yang dituntut untuk serba praktis, lengkap dan mudah. Setiap rumahtangga biasanya mempunyai satu buah kendaraan beroda empat bahkan lebih yang dipergunakan untuk belanja kebutuhan rumahtangga sehari-hari maupun piknik dll. Atas dasar itu tak asing kalau jumlah kendaraan roda empat ini meningkat tajam di tanah air.

Apabila sebuah kendaraan beroda empat setiap hari dipakai secara terus menerus maka perlahan-lahan berjalan waktu akan mengalami yang namanya kerusakan khususnya body, mesin, suku cadang, shockbreaker, rem dll. Dimulai dari rusak ringan hingga yang berat.  Atas kenyataan itu, menciptakan usaha bengkel mobil menjadi pilihan bagi pengguna kendaraan beroda empat untuk memperbaiki kendaraannya secara berkala.

Berdasarkan pengalaman penulis di lapangan, jumlah kendaraan kendaraan beroda empat dikala ini sangat banyak ketimbang bisnis bengkel mobil. Pada sebuah gerai perjuangan bengkel kendaraan beroda empat resmi, penulis menyaksikan seorang mekanik yang kewalahan memperbaiki kendaraan roda empat dari konsumen yang sangat banyak. Sehingga ketika ada kendaraan beroda empat yang rusak dari konsumen lain, ia menolaknya. Melihat fakta di atas sangat terang bahwa membuka perjuangan bengkel kendaraan beroda empat sangat menjanjikan untung besar.

Ada dua kategori perjuangan bengkel kendaraan beroda empat yang bisa sobat pilih, yaitu pertama, bengkel resmi yang melayani perbaikan kendaraan beroda empat dengan brand tertentu. Misalnya Honda dengan bengkel resmi ATPM. Kedua, bengkel kendaraan beroda empat umum yang tak resmi yang bisa melayani banyak sekali perbaikan kendaraan beroda empat dari segala merek.

Tips Sukses Usaha Bengkel Mobil

? Memiliki Keterampilan Service Mobil
Syarat utama untuk membuka perjuangan bengkel kendaraan beroda empat pastinya ialah sobat mempunyai keterampilan dalam mengatasi kerusakan pada sebuah mobil. Untuk mempunyai keterampilan atau keahlian dalam memperbaiki mobil, sobat bisa mencar ilmu kepada mekanik yang berpengalaman, sekolah, autodidak atau sobat bisa merekrut karyawan bab teknisi yang terampil memperbaiki kerusakan pada mobil. Namun kebanyakan pengusaha bengkel kendaraan beroda empat yang sukses bermula dari kemampuan mereka memperbaiki kendaraan beroda empat dan  hobi terhadap dunia kendaraan beroda empat atau otomotif.

Pendek kata, modal usaha awal untuk membuka perjuangan bengkel kendaraan beroda empat yang utama ialah mempersiapkan karyawan yang jago dalam memperbaiki kerusakan mobil.  Anda bisa mempekerjakan mereka sebagai karyawan tetap ataupun freelance. Keuntungan perjuangan bengkel kendaraan beroda empat bukan hanya dari jasa perbaikan kendaraan beroda empat saja tapi juga dari penjualan suku cadang.

? Fokus
Ada banyak jenis kendaraan beroda empat yang beredar di Indonesia. Alangkah baiknya dalam memulai perjuangan bengkel kendaraan beroda empat dikhususkan pada satu jenis merek kendaraan beroda empat yang dilayani. Sehingga seiring berjalan waktu pengalaman dan keahlian bertambah dalam memperbaiki kendaraan beroda empat yang rusak dimulai dari turun mesin, sistem kelistrikan, service transmisi dll. Karena setiap merek kendaraan beroda empat berbeda-beda dari segi susunan mesin, bodi dan lain sebagainya.

? Pelayanan Terbaik
Seringkali alasannya ialah sesuatu hal seorang pemilik kendaraan roda empat tidak bisa memperbaik kendaraan beroda empat di bengkel. Mereka lebih menentukan memperbaiki kendaraan beroda empat di rumah. Nah perjuangan bengkel kendaraan beroda empat sobat pun harus bisa melayani perbaikan kendaraan beroda empat di kantor, rumah atau sistem panggilan. Dengan cara ini konsumen akan merasa puas dengan pelayanan bengkel yang memuaskan. Pada jadinya berdampak pada omzet dan keuntungan meningkat.

? Kerjasama dengan Komunitas Mobil
Untuk mempromosikan bisnis bengkel mobil, sobat bisa menjalin kerjasama dengan banyak sekali komunitas kendaraan beroda empat dari merek tertentu yang dituju. Berikanlah diskon kepada para komunitas pencinta kendaraan beroda empat kalau memperbaiki kendaraan roda empat di bengkel sobat. Perlu diingat, jumlah komunitas kendaraan beroda empat di Indonesia sangat banyak. Sehingga kalau mereka berhasil anda ajak kerjasama maka keuntungan perjuangan bengkel kendaraan beroda empat sobat bisa meningkat pesat.

Sumber JASA SITUS WEB BLOG MURAH

Click to comment