Type something and hit enter

author photo
By On
Bisnis toko busana merupakan salah satu jenis usaha yang sudah ada semenjak usang dan hingga kini masih menjanjikan. Permintaan pasar akan baju dan pakaian di tanah air sangat tinggi. Atas kenyataan itu, muncullah banyak sekali perusahaan konveksi dan butik yang memproduksi banyak sekali macam busana dan pakaian dari harga termurah hingga paling mahal. Sebagai salah satu kebutuhan dasar insan yang tidak sanggup dilepaskan sehari-hari, bisnis toko busana layak dijadikan peluang usaha yang menguntungkan dikala ini.

Rincian Modal Usaha Toko Busana Mulai Awal hingga Buka
Salah satu hal yang sering ditanyakan calon pelaku usaha toko baju ialah berapa modal yang dibutuhkan untuk membuka toko busana secara fisik? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut ini rincian modal perjuangan toko busana mulai awal hingga berdiri, antara lain:

? Sewa Lokasi Usaha
Untuk biaya sewa lokasi perjuangan harganya berbeda-beda tergantung kawasan dan wilayah. Jika anda menyewa lokasi perjuangan toko busana di salah satu plaza atau mall yang strategis, harga sewa kawasan perjuangan biasanya sekitar Rp 10 juta pertahun. Dan itu pun sewa kawasan perjuangan toko busana di plaza atau mall minimal jangka waktu 5 tahun. Sehingga modal perjuangan yang harus dikeluarkan untuk sewa kawasan saja sebesar Rp 50 juta per lima tahun.
 Bisnis toko busana merupakan salah satu  Rincian Modal Usaha Toko Busana Mulai Awal hingga Buka

? Etalase
Biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli etalase bagi pajangan aneka busana yang dijual sebesar Rp 6 juta.

? Peralatan
Perlengkapan dan peralatan perjuangan toko busana mencakup patung, stainless gawang, hanger, rak, pajangan, buku, kertas nota, ballpoint, stempel  dan lain sebagainya. Biaya modal perjuangan untuk membeli peralatan dan perlengkapan perjuangan toko busana sekitar Rp 20 juta.

? Isi Toko Dan Modal Stok
Inilah modal perjuangan yang utama dari bisnis toko busana. Adapun untuk mengisi toko busana dengan ukuran 10 meter kali 5 meter dibutuhkan modal minimal sekitar Rp 100 juta termasuk stok gudang.

? Biaya Operasional
Biaya ini termasuk biaya bensin, angkut barang dan lain-lain. Biaya yang harus dikeluarkan untuk pos ini sebesar Rp 4 juta.

? Biaya Listrik
Harga Rp 100 ribu perbulan

? Biaya Perawatan Toko
Modal yang harus dikeluarkan untuk perawatan dan pengecatan toko busana sebesar Rp 300 ribu perbulan.

? Gaji Pegawai
Untuk honor karyawan Rp 600 ribu perbulan belum termasuk bonus dan pemberian serta uang makan

Makara total estimasi modal perjuangan yang dibutuhkan dalam membuka toko busana dari awal hingga buka sebesar Rp 181 juta. Modal toko busana yang dikeluarkan sanggup balik modal dalam waktu singkat mengingat pangsa pasar luas dan laba sanggup tidak mengecewakan besar per item pakaian.

Jika dilihat di atas, maka modal perjuangan yang dibutuhkan dalam membuka toko busana sangat besar Rp 181 juta. Bagi pemula yang mempunyai modal kecil dan ingin mencoba bisnis toko busana tentu akan sangat kesulitan. Tapi dengan banyak sekali kemudahan yang ada, bagi anda yang mempunyai modal keuangan yang minim tapi ingin memulai perjuangan toko busana sanggup dimulai dengan modal kecil. Seperti membuka perjuangan toko busana secara online. Modal perjuangan yang dibutuhkan ialah koneksi internet, situs gratis atau berbayar dan lain-lain. Makara intinya, teman sebagai pihak reseller atau dropshipper yang bertugas fokus utama untuk menjual pakaian ke masyarakat luas. Jika ada pesanan pakaian tinggal menghubungi pihak suplier atau pemasok.

Buka Toko Baju di Rumah
Salah satu aspek yang sangat penting untuk mendukung kesuksesan bisnis toko busana ialah kawasan perjuangan yang strategis. Memang benarlah demikian, alasannya ialah dengan kawasan perjuangan yang strategis maka praktis dijangkau banyak orang, praktis dilihat banyak orang. Sehingga tidak membutuhkan biaya promosi yang terlalu besar. Misalkan saja berdasarkan penelitian penulis di lapangan, kawasan perjuangan yang strategis ibarat berada di sekitar sekolah selalu menjual produk lebih banyak dan laris keras ketimbang kawasan yang tak strategis. Hal ini dibuktikan sendiri oleh penulis.

Hal di atas berlaku juga bagi bisnis toko busana. Makara pastikan lokasi perjuangan yang anda tempati berada di kawasan strategis yang dilalui banyak orang. Karena perjuangan toko busana di pinggir jalan raya atau berada di dekat sentra keraimaian pastinya selalu menguntungkan. Disebabkan pembeli sangat praktis memperoleh produk busana yang diharapkannya tanpa susah payah.

Pertanyaan selanjutnya ialah bagaimana jikalau teman tidak mempunyai lokasi perjuangan toko busana yang strategis? Tentunya ada beberapa alternatif yang sanggup dijalankan ibarat menyewa lokasi perjuangan busana di kawasan strategis dengan biaya sewa dikala ini tidak mengecewakan mahal. Bagi orang yang mempunyai modal besar hal itu tentu tak masalah. Akan tetapi, bagi pemula yang mencoba terjun dalam bisnis fashion yang bermodalkan sangat minim tentu memberatkan sekali.

Saran penulis, bagi anda sebagai pemula yang ingin membuka perjuangan toko busana dengan modal kecil jangan pernah mencoba untuk menyewa kawasan di lokasi yang strategis. Karena resiko kerugian sangat tinggi. Bisnis toko busana teman belum tentu berhasil seratus persen. Lebih baik gunakan saja modal perjuangan yang dimiliki untuk membeli isi toko dan stok pakaian yang hendak dijual.

Salah satu cara arif memulai bisnis toko busana ialah membuka secara rumahan atau sebagai usaha sampingan di rumah. Sebab rumah sanggup dijadikan lokasi perjuangan apalagi rumah teman berada di kawasan yang strategis misalkan pinggir jalan yang ramai. Walaupun lokasi perjuangan di rumah tak strategis tapi sanggup dijalankan secara menguntungkan sama ibarat berada di kawasan strategis. Caranya ialah mempromosikan dan menjual busana lewat online ibarat olx, facebook, twitter, website, situs, blog gratisan, marketplace, forum, seo google, dan lain sebagainya.

Selain itu, teman sanggup menciptakan brosur bisnis toko pakaian dan membagikan ke lingkungan sekitar yang ramai. Trik lain yang sanggup dicoba ialah menjaring sebanyak mungkin reseller atau tenaga penjual yang membantu pemasaran toko busana teman dengan sistem bagi hasil. Lalu anda sanggup menjual eksklusif pakaian jadi kepada konsumen dengan mengedarkan dari rumah ke rumah atau menjual pada dikala program tertentu ibarat pameran dan arisan ibu-ibu rumahtangga.

Modal Awal Usaha Pakaian Rp 5 Juta, Balik Modal 1 Bulan
Salah seorang pengusaha yang sukses dalam bisnis toko busana ialah perempuan berjulukan lengkap Frida Aulia. Bagi perempuan anggun ini, dunia wirausaha bukan hal asing. Ia telah beberapa kali membuka bisnis ibarat usaha jualan jus buah-buahan,  perjuangan penyewaan peralatan bayi, dan terakhir ialah bisnis toko busana khusus muslimah.

Lalu apa yang menciptakan perempuan yang dekat disapa Frida membuka perjuangan toko busana muslimah? Ia beralasan bahwa busana muslimah kini ini sudah menjadi ekspresi dominan dengan pasar yang sangat luas. Ini merupakan potensi bisnis yang sangat menjanjikan untung besar. Tanpa pikir panjang lagi, perempuan supel ini mulai terjun dalam perjuangan toko busana muslimah yang trendy, simpel dan elegan.

Frida menentukan berbagi perjuangan toko busana muslimah ketimbang perjuangan sewa perlengkapan bayi dan usaha jualan jus buah. Sebab bisnis pakaian muslim baginya sangat menguntungkan dan sanggup dikembangkan lebih lanjut. Fokus dalam bidang usaha fashion muslimah menciptakan energinya terkuras dalam bisnis ini. Segala daya dan upaya dikeluarkan oleh perempuan periang ini untuk menjalankan dan berbagi perjuangan baju muslimah.

Namun banyak sekali rintangan dan hambatan menghadangnya. Frida sama sekali tidak mempunyai keterampilan dalam menjahit, tak mengerti soal jenis materi yang bagus dan desain busana muslim yang sedang populer. Ia hanya mahir dalam duduk kasus penjualan dan pemasaran baju muslimah lewat online maupun jualan eksklusif dari toko busana.

Untuk mengatasi itu, Frida pun turun ke lapangan untuk melaksanakan survey dan berguru eksklusif dari ahlinya. Berjalan waktu, dia semakin mengerti materi yang bagus untuk dijadikan pakaian muslimah dan mengetahui banyak sekali model busana muslim yang sedang hits. Oleh alasannya ialah itu, dia pun mengeluarkan uang sebesar Rp 10 juta sebagai modal awal membuka perjuangan toko busana. Dengan modal Rp 10 juta sudah termasuk belanja materi baku, honor satu orang penjahit, dan membeli peralatan dan perlengkapan perjuangan baju muslim.

Untuk memasarkan baju muslimah produksinya, Frida tak mendapat kesulitan berarti. Dengan arif dia memanfaatkan para pelanggan lamanya dari bisnis sebelumnya yaitu perjuangan jus buah original dan perjuangan rental peralatan bayi. Para pelanggan yang usang yang sudah terbentuk tersebut dijadikan sasaran pasar yang utama semenjak awal sebelum memasarkan ke masyarakat umum.

Frida mengerti betul bahwa dia ialah pemula dalam bisnis ini. Sehingga hal pertama yang harus dia lakukan biar bisnis busana muslimah laris keras ialah melaksanakan promosi sebanyak mungkin secara massif. Selain itu, dia pun melaksanakan banyak sekali penemuan dan kreatifitas dalam model baju muslim yang diproduksinya sendiri secara massal.

Wanita yang murah senyum ini juga menciptakan mukena dan busana muslimah bagi anak kecil. Harga yang ditawarkan terbilang murah lantaran mempunyai desain dan kualitas materi yang bagus dimulai dari Rp 75 ribu hingga Rp 500 ribu.

Untuk memperluas pangsa pasar hingga ke seluruh Indonesia, dia menerapkan sistem kemitraan usaha. Bagi siapa saja yang tertarik untuk membuka usaha toko busana muslimah sanggup menjadi kawan bisnisnya. Dengan modal perjuangan Rp 5 juta yang dipakai sebagai modal pembelian baju muslim, kawan bisnis sudah sanggup menjalankan bisnis toko busana yang menjanjikan. Selain itu, kawan akan mendapat kemudahan katalog dan promosi gratis. Jika promosi gencar dan lokasi strategis, menurutnya, kawan sanggup balik modal dalam waktu kurang dari satu bulan.

Sumber JASA SITUS WEB BLOG MURAH

Click to comment