Type something and hit enter

author photo
By On
Informasi Ujian Nasional Online tahun ini, bahwa  di jenjang Ujian Nasional di tahun 2016 berikutnya berbasis pada Computer Based Test, sesuai pada peraturan Kemdikbud yang berencana seluruh sekolah dari SMP,SMA dan SMK  akan menggunakan Ujian Nasional Tahun 2016 berikutnya dengan Computer Based Test.

Ada banyak sekali ke untungan yang didapat oleh pemerintah adalah hematnya anggaran dan terjamin kejujurannya, bersih dalam pelaksanannya nanti. Ada lagi kelebihan menggunakan Computer Based Test  ini yaitu di mana hasil dari ujian yang sudah terlaksana dapat terperinci secara optimal serta dapat di terima oleh murid, orang tua dan pihak sekolah yang bersangkutan. Berkaitan dengan pelaksanaan ujian nasional 2016 ini, maka pada pelaksanaannya nanti sudah di canangkan Computer Based Test yang sangat membantu sekali pada pihak sekolah yang ada di berbagai propinsi di Indonesia.

Melihat dari ujian nasional sebelumnya Computer Based Test hanya sebagian saja yang digunakan bebrbagai sekolah yang khususnya sudah siap dalam sarana dan prasarana yang mendukung, sedangkan pihak sekolah yang belum lengkap media elektronik masih menggunakan ujian nasional dengan manual saja.

Computer Based Test  ini akan di berlakukan pada tahun ini pada sekolah-sekolah yang sudah memenuhi syarat yang sudah memadai. Contohnya sudah memiliki  kelengkapan peralatan yang menunjang pelaksannan ujian nasional seperti menyiapkan 40 unit Komputer yang nantinya di gunakan oleh setiap siswa dalam mengerjakan Soal ujian nasional di tahun ini.

Bagi para siswa yang akan mengikuti ujian nasional harus mempersiapkan diri, sebab Kemdikbud sudah menerapkan teknis ujian nasional berbeda dari tahun sebelumnya. Dengan demikian para siswa diharapkan mengetahui teknik mempergunakan media Komputer degan benar sehingga proses mengerjakan soal UN dapat berjalan lancar tanpa adanya suatu yang tidak di inginkan.

Menurut hasil survey yang sudah ada, kebanyakan para siswa siswi sudah tidak asing lagi mempergunakan komputer sebagai media online di dalam kehidupannya sehari-hari. Oleh sebab itu Kemdikbud memperkirakan ujian Nasional 2016 ini dapat berjalan dengan lancar dan tidak ada kendala teknis dalam pelaksanaannya.

Menurut kabar yang di beritakan Kemdikbud akan memberikan kontribusinya terhadaap pihak sekolah yang terkait dengan memberikan fasilitas sekolah yang masih belum siap melaksanakan UN  Berbasis Computer Based Test ini termasuk akan di pasangnya Wifi di sekolah secara gratis. UN yang  Berbasis Computer Based Test akan menjadi lebih efesien dan efektif karena selain mengurangi anggran pemerintah kurang lebih 50% juga menghindari kebocoran soal UN oleh pihak pihak yang tidak bertanggung jawab.

Dalam mengkaji UN yang Berbasis Computer Based Test tentunya memiliki standar nilai kelulusan yang wajib siswa targetkan. Belum lama ini pemerintah telah mengumumkan melalui Badan Nasional Standar Kelulusan (BNSK) telah mengeluarkan pengumuman Kemdikbud No. 144 th 2014 lalu bahwa siswa/i dinyatakan lulus dari satuan pendidikan setelah :
  1. Menyelesaikan proses belajar selama ada di sekolah terkait
  2. SMP,MTS dan SMPLB harus selesai pembelajarannya dari kelas VII sampai kelas XI 
  3. SMA/MA,SMALB dan SMK pembelajarannya harus selesai dari kelas X sampai kelas XII
  4. Program pake C, apabila sudah menyelesaikan program pembelajaran sederajat
  5. Memperoleh nilai minimal yang baik untuk seluruh mata pelajaran
  6. Lulus Ujian Akhir Sekolah (UAS)  Rata-rata nilai raport berbobot 70% + 30% Nilai Ujian
  7. Lulus Ujian Nasional
  8. Nilai Akhir (NA) dari ujian nasional dari setiap mata pelajaran yang di ujiakan harus berbobot 4,0 (empat koma nol).
  9. Nilai Akhir (NA) di gabung dengan nilai Ujian Akhir Sekolah (UAS) dengan bobot 50% Nilai sekolah dan 50 % nilai Ujian Nasional (UN).
Yang terpenting di dalam ujian nasional adalh menerapkan nilai kejujuran bahwa berani jujur itu akan lebih baik oleh sebab itu bagi para guru guru kelas dapat memberi motivasi dan meyakinkan kepada anak didiknya agar mampu tampil  percaya diri dengan kemampuan yang dimiliki.

Lalu apa lagi yang diperlukan bagi untuk sukses menghadapi UN tahun ini? Jawabannya adalah teman teman alangkah baiknya jika mengikuti Ujian Training yang akan nantinya dapat mengetahui seberapa besar potensi tingkat kemampuan teman-teman. Apabila hasil dariUjian Training kurang memuaskan bisa meng evaluasi belajarnya yang perlu di tingkatkan kembali.

UN tidak menjamin kesuksesan di masa yang akandatang, namun UN merupakan gerbang pintu yang harus ditempuh. Nilai besar juga tidak bisa menjamin kelak hidupnya menjadi bahagia, apalagi di peroleh dengan tindakan ketidak jujuran. Yang perlu di canangkan pada diri kalian adalah setelah lulus kalian akan melanjutkan kemana? Semoga saja kalian akan menjadi orang sukses dikemudian hari, sebab kesuksesan itu tidak akan terjadi kalau tidak ada usaha yang menyertai langkahnya.

Click to comment